Browse By

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Memahami pasar kompetitif yang sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah pasar di mana ada banyak penjual dan pembeli, dan jenis-jenis barang yang dijual adalah homogen (serupa), dan penawaran dan permintaan bergerak dengan bebas.

Beberapa contoh produk yang dijual di pasar persaingan sempurna adalah beras, kentang, gandum, dan lainnya.

  1. Persaingan sempurna adalah pasar di mana pembeli dan penjual tidak dapat secara individual memengaruhi harga suatu produk. Dengan demikian, harga barang yang dijual di pasar adalah hasil kesepakatan bersama antara pembeli dan penjual.
  2. Pasar untuk persaingan sempurna (PPS) biasanya terbuka untuk menggabungkan banyak perusahaan yang menjual produk yang sama, meskipun dengan kualitas yang berbeda, tetapi harga jualnya sama dengan apa yang ditentukan oleh pasar.
  3. Permintaan yang terbentuk merupakan cerminan dari keinginan pembeli, sedangkan proposal merupakan cerminan dari keinginan penjual.
  4. Salah satu contohnya adalah perusahaan kecil dengan sejumlah besar barang dari jenis yang sama dijual, seperti beras, jagung, saryuran, gandum, dan sebagainya.

Beberapa pakar ekonomi menjelaskan definisi persaingan sempurna di pasar, termasuk:

Menurut Wilson Bungun (2007)

Persaingan sempurna adalah bentuk pasar tertua di dunia. Bentuk pasar ini secara efektif digunakan di negara-negara yang membutuhkan kebebasan bertransaksi untuk entitas ekonomi.

Menurut Sadono Sukirno (2005)

Persaingan sempurna adalah industri di mana ada banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga barang di pasar.

Menurut Adivarman A. Karim (2007)

Persaingan sempurna adalah pasar di mana penjual tidak dapat menentukan harga dan hanya dapat menjual dengan harga yang berlaku di pasar. Persaingan sempurna dalam kondisi paling ekstrem, ketika penjual benar-benar tidak dapat menentukan harga.

Contoh pasar persaingan sempurna

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Salah satu contoh persaingan sempurna adalah pasar yang menjual produk komersial untuk makanan pokok, yaitu beras. Di pasar beras, kriteria ini sesuai dengan satu, karena memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Penjual dan pembeli beras mengikuti harga beras sesuai dengan harga yang telah ditentukan, sehingga mereka tidak dapat menentukan harga mereka sendiri.
  • Harga beras adalah hasil kesepakatan permintaan beras di masyarakat.
  • Meskipun ada beberapa jenis beras, pasar komoditas beras relatif seragam. Harga masing-masing jenis beras biasanya sedikit berbeda.
  • Ada banyak produsen dan konsumen dalam produk beras.

Dalam praktiknya, harga akan mengikuti hukum penawaran dan permintaan, yaitu harga akan naik jika permintaan tumbuh, dan sebaliknya.

Karakteristik pasar kompetitif yang sempurna

1. Terdiri dari banyak penjual dan pembeli.

Mengingat sifat pasar ini, penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi kondisi pasar secara umum.

Interaksi antara penjual dan pembeli dianggap sebagai pembeli harga, yang mengarah pada fakta bahwa harga di pasar ini adalah dasar (harga tetap terlepas dari jumlah barang yang dijual) karena mekanisme pasar, yang menentukan harga melalui interaksi antara pasokan dan permintaan daya dalam masyarakat.

Persaingan di pasar persaingan sempurna hanya tergantung pada minat konsumen. Perusahaan yang tidak dapat bertahan dengan mudah menderita kerugian karena kurangnya produktivitas.

2. Barang yang dimaksudkan untuk dijual adalah homogen.

Pada saat yang sama, aturan pasar berlaku untuk penjualan barang yang identik atau identik, sehingga akan sulit bagi pembeli untuk membedakannya.

Penjual produk berasal dari perusahaan yang berbeda, yang biasanya banyak, sehingga setiap perusahaan tidak mempengaruhi harga produk, atau pengaruhnya sangat kecil.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *