Browse By

Jenis makanan yang harus dikonsumsi saat sahur

Sahur adalah momen yang tidak boleh diabaikan selama bulan puasa. Ini adalah momen penting di mana Anda dapat mengisi kembali energi Anda untuk digunakan nanti. Terutama saat makan selama bulan puasa, sahur dapat membantu Anda mengendalikan nafsu makan ketika tiba saatnya istirahat. Menu Sahur mana yang harus tersedia saat diet

Jenis makanan yang harus dikonsumsi saat sahur

Pastikan makanan yang Anda makan cukup untuk memasok energi sehingga Anda bisa bergerak selama puasa. Saat fajar, Anda harus mempertimbangkan jenis makanan yang Anda konsumsi. Juga, perhatikan porsi makanan Anda saat fajar. Ini penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan saat berpuasa. Makan berlebihan saat fajar dapat berkontribusi terhadap kelebihan kalori dalam tubuh.

Makanan yang harus dikonsumsi saat fajar adalah:
Karbohidrat kompleks

Penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan saat puasa untuk mengonsumsi jenis karbohidrat kompleks saat sahur. Karbohidrat kompleks mengandung serat tinggi yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan juga dapat memberikan energi lebih lama. Jadi jangan merasa terlalu lapar ketika cepat rusak. Serat dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Contoh sumber makanan karbohidrat kompleks adalah beras merah, roti gandum, pasta gandum, gandum, quinoa, kentang dan kulit, dan lainnya. Anda bisa mengonsumsi makanan ini hingga 1 porsi saat sahur atau setara dengan 100 gram beras merah.
protein

Protein juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan, jadi Anda perlu mengonsumsi makanan berprotein saat fajar. Selain itu, tubuh juga membutuhkan protein untuk menggantikan atau memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, pilih sumber makanan dari protein rendah lemak seperti ikan, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit dan telur. Anda juga bisa mengonsumsi makanan sumber protein nabati, seperti tahu, tempe, kacang panjang, kacang hijau, kedelai dan lainnya.

Kuncinya adalah metode memasak yang Anda gunakan. Pilih metode memasak dengan merebus, mengukus, dan membuat roti daripada menggoreng. Penggorengan makanan hanya akan meningkatkan kandungan lemak dan kalori makanan, meskipun rasanya lebih lezat. Anda dapat mengonsumsi 1-2 dari sumber protein ini saat fajar.
Buah-buahan dan sayur-sayuran

Ini adalah makanan wajib bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan saat berpuasa. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak serat dan juga berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan untuk tubuh. Tentunya, asumsi ini sangat diperlukan hingga seseorang berpuasa. Paling tidak, sayuran dan buah-buahan yang harus Anda konsumsi saat fajar adalah 2-3 porsi.
Menu diet sahur saat puasa

Saat fajar, setidaknya jumlah kalori yang cukup membutuhkan maksimum 500-600 kalori. Beberapa contoh menu sahur dengan rentang kalori ini adalah:

Menu 1: ayam bakar; telur Urak-arik; pepes tahu; bayam, brokoli, dan jagung rebus; salad buah

Menu 2: kentang rebus dengan kulit; daging sapi; buncis tumis, wortel, dan jagung; sup buah

Menu 3: oatmeal; sapi panggang; kacang merah; telur dicampur dengan bayam merah panggang; pisang dan apel

Menu 4: nasi merah; ayam rebus; tahu bacem dan tempe; isi tanaman ringan wortel oyong, kol, jagung, tomat; semangka

Menu 5: roti gandum diisi dengan ham, telur, selada, wortel dan mentimun; salad buah dengan yogurt Yunani

Baca juga:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *