Browse By

Cara belajar berenang untuk pemula

Berenang menawarkan banyak manfaat, mulai dari memperkuat otot hingga menjaga berat badan hingga mencegah penyakit jantung. Namun, bahkan berenang memiliki kesulitannya dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Bagi Anda yang masih pemula, ada beberapa cara Anda bisa belajar berenang dengan lebih mudah.

Cara belajar berenang untuk pemula

Berenang adalah olahraga dengan adaptasi yang panjang, karena tubuh manusia sudah terbiasa dengan aktivitas di bumi dan jarang bergerak di air. Selanjutnya, berenang juga melibatkan semua otot tubuh sehingga orang yang tidak terbiasa dengan mudah bisa lelah.

Berikut ini beberapa cara Anda dapat dengan mudah belajar berenang:

1. Siapkan peralatan yang diperlukan
Ada berbagai jenis peralatan renang dengan kegunaannya masing-masing. Misalnya, kacamata renang menjaga mata mereka tetap jernih dan melindungi mata mereka. Sementara colokan hidung dan telinga melindungi kedua bagian tubuh dari saluran air.

Anda juga bisa menggunakan pelampung untuk menopang tubuh Anda saat Anda fokus berolahraga gerakan kaki. Pilih peralatan yang tepat untuk kebutuhan Anda agar lebih mudah belajar berenang.

2. Biasakan berada di air
melindungi rambut dan kulit yang berenang
Sebelum belajar berenang, lakukan cara ini untuk merasa nyaman di dalam air. Cobalah berjalan dari tepi ke bagian terdalam dari kolam. Ini dimaksudkan untuk membiasakan Anda dengan daya apung air.

Setelah digunakan, kembali ke tepi kolam. Pegang ujung kolam, biarkan wajah Anda di dalam air dan buang napas sampai terbentuk gelembung. Terus lakukan ini sampai Anda merasa nyaman di dalam air.

3. Belajar melayang
Anda benar-benar dapat mengapung karena daya apung airnya, tetapi Anda mungkin terbiasa dulu. Caranya, jaga tepi kolam. Ambil napas dalam-dalam dan angkat kedua kaki sehingga Anda telentang.

Ini adalah cara termudah untuk belajar berenang. Pada awalnya Anda mungkin memiliki masalah, tetapi terus mencoba sampai Anda bisa mengapung selama 15-30 detik. Jadi cobalah mengapung tanpa melekat.

4. Silakan
Infeksi pada bayi karena berenang
Setelah mengambang, saatnya belajar untuk bergerak maju. Untuk memulai, Anda dapat menggunakan alat seperti papan mengambang. Pegang papan di depan Anda dengan lengan lurus, lalu dorong tubuh Anda menggunakan ujung kolam.

Coba tendang secara bergantian dengan kedua kaki. Putar kepala Anda ke kiri dan kanan untuk mengambil napas. Lakukan langkah ini sampai Anda terbiasa, lalu coba lagi tanpa alat.

5. Pelajari gaya berenang dasar
Setelah mempelajari cara belajar berenang, Anda dapat mempelajari beberapa gaya dasar berenang. gaya kupu-kupu, gaya punggung dan gaya bebas. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan.

infeksi telinga perenang
Kupu-kupu dan gaya bebas dapat membuat Anda maju dengan cepat, tetapi Anda akan segera merasa lelah. Sebaliknya, katak dan punggung relatif mudah karena Anda tidak perlu mengganggu pernapasan, tetapi keduanya lebih lambat.

Ada banyak cara untuk belajar berenang, tetapi kuncinya adalah belajar mengapung dan melanjutkan. Jangan khawatir jika Anda tidak berhasil, karena beberapa orang perlu lebih banyak waktu untuk berenang dengan baik.

Saat belajar berenang, pastikan keamanan Anda terjamin. Belajar dengan bantuan instruktur atau teman renang yang berpengalaman. Jangan pernah belajar berenang sendirian, terutama jika Anda masih pemula mutlak.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *