Browse By

Gerakan olahraga untuk mengatasi rasa sakit spondylolisthesis

Biasanya, posisi tulang belakang harus sejajar satu sama lain. Namun, ini adalah cerita yang berbeda jika salah satu tulang belakang bergerak atau menggeser posisi untuk mengganggu pengaturan tulang yang mendasarinya. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut spondylolisthesis. Karena posisinya yang tidak tepat, penderita spondylolisthesis sering mengeluh sakit punggung yang mengganggu. Untuk aktivitas yang lebih nyaman, Anda dapat mencoba berbagai gerakan olahraga untuk mengatasi rasa sakit akibat spondylolisthesis.

Penasaran ingin mencobanya? Lihatlah penjelasan lengkap dalam ulasan di bawah ini, ayolah!

Apa itu spondylolisthesis?
Spondylolisthesis adalah suatu kondisi di mana bagian tulang belakang bergerak dari posisi semula. Tulang yang patah, lesi, tumor, pembedahan dapat menyebabkan spondylolisthesis tulang belakang.

Bahkan, spondylolisthesis juga dapat menjadi bawaan bagi seseorang, yang terdeteksi hanya setelah beberapa tahun. Sebagian besar kasus ini biasanya terjadi di bagian bawah tulang belakang.

Masalah tulang ini tidak umum seperti osteoporosis atau radang sendi. Namun, spondylolisthesis tidak boleh diremehkan karena dapat menyebabkan gejala yang membuat pasien sulit bergerak bebas, termasuk:

Nyeri di punggung bawah
Kesulitan berjalan atau berlari karena rasa sakit menjalar ke kaki
Fungsi kaki menurun dan melemah
Bagian belakang paha terlihat kaku
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi rasa sakit spondylolisthesis adalah dengan melakukan beberapa gerakan olahraga.

Gerakan olahraga untuk mengatasi rasa sakit spondylolisthesis

Berikut ini adalah serangkaian gerakan olahraga yang akan membantu mengatasi rasa sakit hebat akibat spondylolisthesis:

1. Kecenderungan panggul

Sumber: Healthline
Gerakan latihan ini berfungsi untuk mengatasi rasa sakit spondylolisthesis, menstabilkan vertebra bagian bawah yang bermasalah. Anda dapat menyesuaikan fleksi pinggang dan tulang belakang berdasarkan tingkat keparahan rasa sakit yang Anda rasakan.

Bagaimana cara melakukannya:

Berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki rata di alas.
Mulailah dengan meratakan punggung dengan pangkalan, mengencangkan otot perut bagian bawah dan menarik pusar.
Pertahankan gerakan selama 10-20 detik, lalu relaksasikan otot perut seperti sebelumnya.
Ulangi hal yang sama 10 kali.
2. Peregangan elastis

Sumber: Healthline
Selain rasa sakit di punggung bagian bawah, orang dengan spondylolisthesis sering mengeluh tegang atau kaku di bagian belakang paha. Kondisi ini secara tidak sadar menyebabkan otot-otot bagian belakang paha, menarik tulang belakang, membuat rasa sakit semakin parah.

Pergerakan otot-otot paha berfokus pada mengendurkan otot-otot paha untuk mengatasi rasa sakit spondylolisthesis.

Bagaimana cara melakukannya:

Duduk dengan kedua kaki ke depan.
Perlahan miringkan tubuh Anda ke depan, lengan ke atas sampai menyentuh jari-jari kaki Anda.
Jika Anda tidak dapat menyentuh jari-jari kaki, setidaknya Anda dapat merasakan bagian belakang peregangan kaki belakang Anda (lihat foto).
Tahan gerakan selama 30 detik, lalu ulangi 3 kali.
3. Crunch

Sumber: Healthline
Bahkan jika spondylolisthesis terjadi, Anda dapat membantu memperkuat otot-otot perut untuk mendukung stabilitas dan mengelola rasa sakit. Tapi ingat, jangan memaksa tubuh untuk bergerak sepenuhnya ketika Anda melakukannya.

Karena, hanya rasa sakit yang Anda rasakan yang akan menjadi lebih buruk. Sebaiknya, lakukan ini sebanyak mungkin tubuh Anda.

Bagaimana cara melakukannya:

Istirahatkan tubuh Anda dengan lutut ditekuk dan tangan Anda menyilang di dada. Jika Anda menginginkannya lebih mudah, Anda bisa meletakkan tangan di belakang kepala sebagai pendukung saat bergerak.
Angkat kepala dan gerakkan perlahan sampai perut terasa cukup kencang untuk berkontraksi
Tahan posisi itu selama 3 detik, lalu kembalikan ke posisi semula.
Ulangi hal yang sama 10 kali.
4. Gandakan lutut ke dada

Sumber: Healthline
Gerakan ini bertindak langsung di dalam tubuh untuk membantu mengatasi rasa sakit akibat spondylolisthesis.

Bagaimana cara melakukannya:

Letakkan tubuh Anda di punggung, tekuk lutut dan kaki yang menempel di alas.
Letakkan kedua tangan di tubuh (lihat foto), lalu tarik dan rasakan sampai otot perut menghadap ke bawah.
Dengan bantuan tangan Anda, dorong lutut Anda ke arah dada. Tahan selama 5 detik.
Ulangi gerakan yang sama 10 kali.

5. aktivasi multifudus

Multifudus adalah otot kecil yang terletak di dekat tulang belakang. Meski begitu, otot kecil ini memiliki fungsi penting yang memungkinkan tubuh bergerak, menekuk, dan bahkan menstabilkan sendi tulang belakang.

Sayangnya, otot multifudus pada orang dengan spondylolisthesis sering melemah. Dengan melakukan gerakan aktivasi multifudus ini, Anda perlahan-lahan membantu mengaktifkan kembali fungsi otot multifudus.

Bagaimana cara melakukannya:

Tempatkan tubuh miring dalam satu arah, kiri atau kanan, dengan posisi tangan memegang sisi belakang .
Rasakan otot-otot tubuh Anda bekerja aktif, terutama punggung Anda, membawa kedua paha ke arah dada Anda. Namun, jangan membungkuk di sini dan jangan benar-benar memindahkannya.
Kontraksi ringan akan membuat otot multifudus terasa seolah-olah bergerak. Rasakan menggunakan satu tangan di sisi belakang.
Tahan selama 3 detik dan ulangi gerakan 10 kali untuk setiap sisi tubuh.

Baca artiker lainnya :

Apakah tidak sulit untuk tidak melakukan gerakan olahraga yang membantu mengatasi rasa sakit akibat spondylolisthesis ini? Pastikan Anda berhati-hati saat melakukannya, dan semoga berhasil!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *