Browse By

Pendelegasian Wewenang dan Elemen Delegation of Authority

Definisi delegasi kekuasaan

Tujuan delegasi adalah pengalihan kekuasaan, tugas atau tanggung jawab.

Pemberdayaan adalah proses mentransfer tugas atau tanggung jawab perusahaan atau organisasi sebagai bos.

Delegasi dilakukan dengan membagi tugas, wewenang, hak, tugas, tanggung jawab dan tanggung jawab sebagaimana didefinisikan dalam uraian / uraian fungsi resmi organisasi.

Beberapa ahli mengklaim:

Menurut Hasibuan (2007: 68)

Delegasi wewenang adalah bagian dari pekerjaan atau kekuasaan yang dipercayakan kepada Komisaris oleh Delegasi (delegasi).

Menurut Stoner (2000: 434) dalam Kisumna (2010)

Pelimpahan wewenang adalah pelimpahan wewenang dan tanggung jawab formal bawahan untuk melakukan kegiatan tertentu.

Menurut Ralph Davis (2001: 72)

Pendelegasian wewenang hanya merupakan tahap dalam proses di mana pendelegasian wewenang untuk bertanggung jawab atas tanggung jawabnya melepaskan fungsinya.

Delegasi kekuasaan

Elemen delegasi kekuasaan
1. Daya (power)
Kekuatan atau otoritas wirausaha dapat didefinisikan sebagai kekuatan dan wewenang seseorang untuk menggunakan dan mengalokasikan sumber daya secara efisien, untuk membuat keputusan dan perintah untuk mencapai tujuan organisasi.

Baca juga: Memahami penghasilan Anda
Louis A. berpikir Allen mengatakan bahwa kekuasaan adalah serangkaian kekuasaan dan hak yang didelegasikan ke kantor.

Otoritas atau otoritas karenanya harus didefinisikan secara tepat sehingga orang-orang di posisi tertentu jelas menyadari otoritas mereka dan tidak boleh disalahartikan.

Dengan kata lain, otoritas atau otoritas memiliki kekuatan untuk mengeluarkan perintah, surat atau instruksi untuk menyelesaikan semua yang telah diberikan. Manajemen senior adalah tingkat otoritas tertinggi.

Kekuasaan atau kekuasaan selalu mengalir dari atas ke bawah. Ini artinya pengemudi / pengemudi harus menjelaskan dengan jelas

Bagaimana bawahan melakukan pekerjaan komisaris dan menjelaskan apa yang diharapkan dari pendelegasian kekuasaan sehingga mereka dapat bekerja sesuai dengan harapan dan keinginan mereka.

Otoritas atau badan harus tunduk pada tanggung jawab yang sama. Mendelegasikan wewenang kepada orang lain tidak berarti mengambil tanggung jawab. Tanggung jawab masih berada di tangan orang yang memiliki otoritas tertinggi.

2. Tanggung jawab
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, rasa tanggung jawab adalah suatu kondisi di mana segala sesuatu harus diambil (jika sesuatu terjadi, itu dapat dituntut, disalahkan, dituntut, dll.)

Dalam manajemen, tanggung jawab atau kewajiban dapat diartikan sebagai tugas seseorang untuk melakukan tugas yang diberikan kepadanya.

Orang yang bertanggung jawab harus memastikan bahwa tugas yang dipercayakan kepadanya telah selesai.

Jika tugas tersebut tidak selesai sebagaimana dimaksud, orang yang bersangkutan harus memberikan penjelasan atau alasan untuk tidak menyelesaikan tugas.

Tugas tanpa wewenang atau wewenang yang memadai dapat menyebabkan frustrasi dan kesulitan dalam melakukan tugas mereka.

Seseorang bertanggung jawab atas pekerjaan yang ditugaskan kepadanya. Jika Anda melakukan pekerjaan dengan baik, orang tersebut akan menerima pujian atau penghargaan.

Sumber: https://pakguru.co.id/delegasi-wewenang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *