Browse By

Cara Paling Aman untuk Berhenti Merokok

Merokok menyebabkan banyak penyakit dan masalah kesehatan yang serius. Bahkan, merokok juga dapat membahayakan kesehatan orang yang “hanya” menghirup asapnya. Karena itu, berhenti merokok adalah cara terbaik untuk memperpanjang hidup dan meningkatkan kualitas hidup; tidak hanya untuk perokok, tetapi juga untuk orang lain. Baik untuk Anda yang sudah berencana berhenti merokok tetapi tidak tahu bagaimana memulainya, baca artikel ini sampai akhir!

Cara Paling Aman untuk Berhenti Merokok

Ada banyak cara untuk berhenti merokok. Metode mana yang bekerja untuk satu orang mungkin berbeda untuk orang lain.

Namun, yang perlu Anda tentukan terlebih dahulu adalah bagaimana memulainya: apakah Anda ingin segera berhenti atau mengurangi sedikit rokok Anda, tetapi apakah Anda yakin? Apa cara terbaik untuk Anda, tentu saja hanya Anda yang mengetahuinya.

Keduanya sama-sama baik dan efektif. Anda hanya perlu mencari tahu apa yang paling mungkin dilakukan. Selanjutnya, cari cara untuk mewujudkannya, seperti:

1. Buatlah daftar alasan untuk berhenti merokok
Bagi kebanyakan orang, berhenti merokok menjadi salah satu keputusan terbesar dan paling sulit dalam hidup. Karena, merokok sangat memikat dan sulit dihilangkan.

Karena itu, perlu mencatat berbagai alasan mengapa Anda ingin berhenti merokok. Tulislah dalam sebuah buku sehingga Anda dapat membacanya lagi ketika roh mulai memudar.

Alasan-alasan ini tentu berbeda untuk setiap orang. Itu bisa karena kesehatan Anda atau keluarga Anda. Apa pun alasannya, tulislah dengan jelas sehingga terdokumentasi dengan baik. Ketika antusiasme Anda mulai memudar dan godaan datang menyerang, buka kembali catatan Anda sebagai motivasi.

2. Rencanakan kapan harus berhenti merokok
Ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, tetapkan tanggal yang pasti sebelum mencari cara yang efektif. Tetapi sebelum menentukan tanggal, pikirkan baik-baik terlebih dahulu dan temukan waktu yang paling tepat.

Kami menyarankan Anda untuk memilih tanggal yang tidak terlalu jauh dari niat ini agar tidak tergoda untuk berubah pikiran. Jadi, menurut American Cancer Society ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan sebelumnya, yaitu:

Bicaralah dengan teman, keluarga, dan kolega Anda tentang kapan Anda berhenti merokok
Buang semua sisa rokok yang Anda miliki plus asbak di rumah
Berikan pengganti rokok, baik itu permen karet, permen lolipop atau apa pun yang bisa menjadi alternatif
Kapan pun keinginan untuk kembali merokok sangat kuat, itu mengalihkan pikiran ini. Jadi, cobalah mencari tahu siapa orang terdekat Anda yang telah berhasil berhenti merokok. Bagikan kesulitan ini dengannya dan mintalah nasihatnya.

3. Mengantisipasi periode berisiko merokok
Merokok lebih dari sekadar ketergantungan fisik pada nikotin. Namun, kebiasaan ini juga termasuk ketergantungan psikologis.

Karena itu, Anda perlu menyadari fakta bahwa ada momen dan pemicu tertentu di mana merokok diperlukan. Sekarang tugas Anda adalah mengantisipasinya.

Tulis dalam buku segala yang benar-benar membuat Anda ingin merokok. Jadi, pada setiap pemicu, sertakan solusi yang perlu Anda jalankan.

Biasanya, beberapa faktor yang memicu “ngidam rokok”, yaitu:

Saat minum kopi
Setelah makan
mereka telah mengemudi
Saat di bawah tekanan
Meminum alkohol
Ketika Anda bertemu dengan teman-teman

Untuk mengatasi berbagai pemicu, berikut adalah beberapa cara untuk membantu berhenti merokok:

Jika Anda terbiasa merokok di pagi hari dengan secangkir kopi, coba misalnya untuk mengatur ulang program minum kopi Anda di kantor. Dengan cara ini, Anda tidak memiliki peluang untuk merokok
Jika Anda terbiasa merokok saat mengemudi, coba ikuti jalan lain. Ini dapat membantu Anda membuat pikiran Anda sibuk sehingga Anda tidak punya waktu untuk merokok
Jika Anda terbiasa merokok setelah makan, segera bangun dari duduk, lalu menyikat gigi atau berjalan-jalan dan tetap sibuk sehingga kebutuhan untuk merokok menghilang

Jangan beri diri Anda kesempatan untuk merokok lagi jika Anda tidak ingin bertindak terlalu jauh. Kembalikan tekad Anda dengan mengingat tujuan Anda untuk berhenti merokok. Tinjau catatan yang berisi alasan mengapa Anda ingin berhenti merokok.

4. Tetap sibuk dengan berbagai kegiatan
Dua minggu pertama akan menentukan kesuksesan Anda ketika Anda berhenti merokok untuk masa depan. Jika Anda tidak bisa merokok dalam dua minggu pertama, peluang keberhasilan di masa depan bahkan lebih besar.

Karena itu, perkuat tekad Anda dalam dua minggu pertama agar program ini berhasil. Untuk mendukung kesuksesan, libatkan diri Anda dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Anda dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial, berolahraga di pusat kebugaran, mengendarai sepeda atau berkencan dengan teman. Apa pun kegiatannya, pastikan untuk menikmati diri sendiri sehingga mengurangi keinginan untuk merokok perlahan.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *